/a>

Pemdes Kemutug Lor Mengadakan Donor Darah

  • Bagikan

Banyumas-Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyumas Melalui Unit Donor Darah (UDD) terus memberikan inovasi berupa sarana dan prasarana demi memberikan kenyamanan kepada para pendonor sukarela yang ada di Kabupaten Banyumas

Pelayanan atau pelaksanaan donor darah di kantor Balai Desa Kemutug Lor Kecamatan Baturraden Minggu 19 Desember 2021. Pelaksanaan tersebut menggunakan sistem jemput bola yang dilakukan oleh PMI Banyumas dengan menggunakan mobil pelayanan.

Pemerintah Desa Kemutug Lor Kecamatan Baturraden dan warga melakukan donor darah dimulai dengan mengisi formulir, cek kesehatan, cek golongan darah kemudian menunggu antrian untuk proses pengambilan darah. Partisipasi warga Desa Kemutug Lor hari Minggu cukup baik dengan mendapatkan kurang lebih beberapa kantong donor darah.

 

Sementara itu, Kepala Desa Kemutug Lor Sarwono menuturkan bahwa kegiatan donor darah sebagai wujud kepedulian kepada sesama manusia dan dari donor darah yang dilakukan dapat menyelematkan satu nyawa.

“Donor darah adalah kegiatan untuk kita peduli kepada sesama manusia dan dari apa yang kita donor yaitu darah kita dapat menyelematkan satu nyawa”Kata Kades Kemutug Lor Sarwono

Warga tidak perlu khawatir dan takut ketika mendonorkan darah di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. Karena petugas PMI yang melakukan pengambilan darah sudah menerapkan protokol kesehatan yang berlaku sebelum bertugas.

 

Rutin melakukan donor darah memiliki banyak manfaat dan kebaikan bagi tubuh. Satu orang mendonorkan darahnya dapat menyelamatkan tiga nyawa sekaligus.

Manfaat bagi pendonor diantaranya  menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan kolesterol, merawat kesehatan organ hati, menurunkan berat badan, meningkatkan produksi darah dan masih banyak lagi.(dik)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *