/a>

Wakil Bupati Melawi Hadiri Acara Grebeg Suro 2023, PJKB Kab. Melawi

  • Bagikan

Melawi, Kalbar //KlewangNews.com -Penguyuban Jawa Kabupaten Melawi laksanakan kegiatan Grebek Suro 2023, yang bertemakan : “Guyub Rukun Kita Ciptakan Kedamaian dan Kekeluargaan”.

Kegiatan Grebeg Suro 2023 , Penguyuban Jawa Kabupaten Melawi di laksanakan di halaman Dukcapil Kabupaten Melawi yang beralamat di Jln. Padat Karya, Desa Paal, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi. Minggu, (6/08) Pagi

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Melawi di dampingi Forkopimda Melawi, Warga Penguyuban Jawa dan Pengurus.

Dalam sambutanya Wakil Bupati Drs. Klusien juga menyampaikan, puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karna atas Rahmat dan Karunia-Nya-lah kita dapat hadir dalam kegiatan Sialhturahmi dan syukuran Grebeg Suro 1945 Saka / 2023 Masehi ini, yang di selenggarakan oleh Penguyuban Jawa Kalimantan Barat (PJKB) Kabupaten Melawi.

“Atas nama Pemerintah Saya menyambut baik atas selengaranya kegiatan ini, sebagai bentuk silahturahmi masyarakat Jawa, sekaligus pelestarian budaya dan warisan leluhur” papar Wakil Bupati.

Klusien pada kesempatan itu juga menyampaikan selamat tahun baru 1945 Saka kepada seluruh masyarakat Jawa di Kabupaten Melawi.

Wakil Bupati Juga Menjelaskan bahwa Kabupaten Melawi ini memiliki keberagaman budaya yang tumbuh dan berkembang seirama dengan dinamika masyarakatnya.

Jelasnya, komunitas Budaya dengan segala aspek kehidupannya adalah wujud Budaya, sehingga menjadi bagian budaya daerah yang perlu di lakukan Pembinaan dan upaya pelestariannya.

Gerbeg Suro merupakan salah satu Event Budaya. Selain dapat menumbuhkan kecintaan terhadap Budaya Jawa, Gibreg Suro juga dapat mempertegas Identitas Orang Jawa sebagai media pemahaman Budaya bagi pihak lain.

Gribeg Suro ini juga di harapkan dapat menjadi Finomena Budaya yang dapat menumbuhkan sikap mau menghargai perbedaan dan sensitivitas terhadap perbedaan.

” Agar melalui perayaan Grebeg Suro Tahun 2023 ini, kita semua semangkin bersemangat dalam implementasinya, membina, mengembangkan dan melestarikan Budaya Tradisional Jawa di tengah-tengah kemajuan masyarakat Kabupaten Melawi,” Harap Wakil Bupati Melawi.

Klusien juga berpesan Pada saat ini sudah memasuki musim politik pesta demokrasi secara serentak tahun 2024 mendatang.

“Ayo kita sama-sama menjaga situasi yang kondusif, jangan hanya karena berbeda pilihan politik kita, menjadikan terkoyaknya semangat kebersamaan di tengah masyarakat.” Pesan Klusien

“Suasana yang sudah kondusif, aman, dan damai di Melawi ini harus terus kita jaga bersama, walaupun kita berasal dari suku dan Budaya yang berbeda-beda, tidak menjadikan kita berkurangnya semangat persahabatan, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat. Sesuai moto Kabupaten Melawi, Hidup Rukun Harmonis dalam Keberagaman.” Tegas Klusien

Akhir kata saya mengajak semua PJKB Kabupaten Melawi bersama seluruh komponen masyarakat Kabupaten Melawi, untuk selalu bersatu padu menyamakan langkah menatap kedepan, membangun kabupaten Melawi yang adil, antas, hebat, yang berlandaskan gotong-royong, serta harmonis dalam keberagaman. Tutupnya

Penulis : Rabi

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *