/a>

Konsulat Jenderal Republik Indonesia,Kucing, Serawak Malaysia Lakukan Kunjungan Kerja Dalam Promosi Forum UMKM Se-Borneo Di Kabupaten Bengkayang.

  • Bagikan

Bengkayang//Klewangnews.com-Bertempat di Ruangan Rangkaya lantai V Kantor Bupati Bengkayang, telah diadakan kegiatan dalam rangka Promosi Forum UMKM Se-Borneo Kalimantan, Serawak, Sabah Tawau dan Brunei Darussalam,Rabu 16 Mei 2024 Acara berjalan lancar.

Turut hadir dalam acaranya tersebut diantaranya Bapak Konsul Jenderal Republik Indonesia Kucing Bapak R.Sigit Witjaksono dan Rombongan,Ketua DPRD yang mewakili, Rekan-rekan Forkopimda,Wakil Rektor II Universitas Tanjungpura beserta rombongan, Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkayang,Ibu Kepala PLBN Jagoi Babang,Ketua KADIN Kabupaten Bengkayang dan Para Pelaku Usaha Kecil dan Menengah.

Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis dalam sambutannya mengatakan kami atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkayang Mengucapkan selamat selamat datang kepada Bapak Konsul Jenderal Republik Indonesia Kucing dan Rombongan di Bumi Sebalo,ki juga memberikan Apresiasi yang tinggi atas inisiasi Bapak Konsul Jenderal Republik Indonesia Kucing yang telah membuat kegiatan Promosi Forum UMKM Borneo di Kabupaten Bengkayang”,Ucap Darwis Bupati Bengkayang.

Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis juga mengatakan sebagai informasi bahwa kabupaten bengkayang dibentuk berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 1999 tentang pembentukan daerah tingkat II Bengkayang Provinsi Kalimantan Barat yang merupakan hasil daerah pemekaran dari Kabupaten Sambas.

Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Bengkayang memiliki luas luas wilayah 5.500,97 KM2,terdiri atas 17 Kecamatan 122 Desa an 2 Kelurahan yang dihuni penduduk berjumlah 296.855 jiwa (KDA Tahun 2023).

Tentunya secara administratif dan Posisi Kabupaten Bengkayang memiliki posisi yang sangat strategis yang terdiri atas wilayah Pesisir,Pulau dan Kelautan, Perbatasan dengan Luar Negeri Serawak Malaysia Timur yakni Kecamatan Jagoi Babang dan Kecamatan Siding yang kaya akan potensi Alam dan Sektor Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Pariwisata Alam dan Bahari, Perdagangan,Jasa,Budaya dan lain sebagainya”,Kata Darwis Bupati Bengkayang.

Pada tahun 2024 UMKM sebanyak 6.816 dengan rincian usaha Mikro sebanyak 6.418 dengan pelaku usaha sebanyak 5.491,Usaha Kecil berjumlah 301 dengan pelaku 109 orang,Usaha menengah sebanyak 22 dengan pelaku 16,Usaha besar sebanyak 75 dengan pelaku berjumlah 45,dengan berbagai jenis usahanya namun harus kami akui bahwa dunia UMKM masih menghadapi kendala,sekitar 51,09% terkendala akses pembiayaan dan permodalan 34,72%,terkendala akses pasar,Pemasaran dan Promosi Produk UMKM 8,59% terkendala akses bahan baku/alat produksi dan 5,24% terkendala lainnya.

Bapak Konsul Jenderal Republik Indonesia Kucing beserta rombongan dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan Visi Kabupaten Bengkayang tahun 2021-2026 adalah “Kabupaten Bengkayang Maju,Mandiri, Sejahtera dan Berdaya Saing Ditopang Pemerintah Yang Bersih dam Terbuka”.

Untuk mencapai Visi tersebut ada 7 Misi untuk kegiatan Fasilitasi Promosi Forum UMKM Se-Borneo selaras dengan Misi Ketiga, Meningkatkan Ketersediaan dan Kualitas Infrastruktur dasar untuk mendukung peningkatan investasi dan pertumbuhan ekonomi sekaligus menjaga stabilitas Ekonomi Daerah: serta sejalan dengan Misi.

Ketempat mewujudkan pemerintahan kabupaten bengkayang sebagai kabupaten maju dalam bidang Pertanian, Perkebunan, Perikanan, Peternakan, Perdagangan Jasa dan Pariwisata.

Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis akhir kata acara hari ini sungguh berharga bagi kami dan pelaku UMKM di Kabupaten Bengkayang tentunya dalam hal ini bisa meningkatkan akses pasar,dan promosi hasil hasil dan produk UMKM agar naik kelas,besar harapan kami bapak Konjen RI di Kucing dapat membantu akses pasar bagi pembangunan UMKM/IKM di Kabupaten Bengkayang ini”,Tutup Darwis Bupati Bengkayang.(*/rls/ra/red).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *