/a>

Danlanud Harry Hadisoemantri Hadir Dalam Latihan Matra Udara II “Jalak Sakti” dan “Trisula Perkasa” T.A 2024.

  • Bagikan

Bengkayang//Klewangnews.com-Komandan Lanud Harry Hadisoemantri, Letkol Pnb Dion Aridito S.T., M.M., turut hadir dalam Latihan Matra Udara II “Jalak Sakti” dan “Trisula Perkasa” T.A 2024 yang dilaksanakan di Air Weapon Range Lanud Pangeran M. Bun Yamin, Lampung. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan dan menguji kemampuan satuan jajaran Komando Operasi Udara Nasional (Koopsud) I dalam merencanakan dan melaksanakan strategi operasi udara.

Hadir dalam latihan tersebut, Kasau Marsekal TNI M. Tonny Harjono, S.E., M.M., Dankodiklatau Marsdya TNI Dr. Arief Mustofa, M.M., Kas Kohanudnas Marsda TNI Donald Kasenda, S.T., S.I.P, M.M., Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin, Dankopasgat Marsda TNI Yudi Bustami, S.Sos., Para pejabat Mabesau, Pejabat Koopsud I, Pejabat Kopasgat dan para Komandan Satuan Jajaran Koopsud I serta Forkompinda provinsi Lampung dan Kabupaten Tulang Bawang.

Latihan Operasi Militer Perang (OMP) dalam bentuk Operasi Udara Gabungan dengan sandi “Jalak Sakti” dan “Trisula Perkasa” ini menjadi tolok ukur sejauh mana tingkat kesiapan dan profesionalisme seluruh satuan untuk menguji kesiapan dan interoperabilitas konsep operasi udara gabungan dalam OMP dan implementasi Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) di satuan jajaran Koopsud I dan Kopasgat.

Latihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan dan menguji kemampuan satuan jajaran Koopsud I dan Kopasgat dalam merencanakan dan melaksanakan strategi operasi udara untuk menghadapi kemungkinan kontijensi yang mungkin terjadi di wilayah tugasnya sebagai perisai NKRI wilayah barat.

Unsur-unsur yang terlibat dalam latihan ini antara lain Satuan Pesawat Tempur (F16 dan Hawk 100/200), Angkut (C130 Hercules dan CN295), Intai (B737), Helikopter (Super Puma, Caracal, dan Colibri), serta Satuan Tempur Darat (Satbravo – Kopasgat). Latihan ini didukung oleh delapan satgas yaitu Satgas Hanud, Satgas Dukungan Operasi, Satgas Intelijen, Satgas Komlek, Satgas Info, Satgas Khusus, Satgas Kesehatan, dan Satgas Teritorial yang melibatkan 750 personel gabungan dari Koopsud I dan Kopasgat.

(Kapen Lanud Had)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *