/a>
Daerah  

Peringati Hardiknas Pemkab Karo Gelar Upacara

Kabanjahe, //KlewangNews.com- Pada hari Kamis (2/4/2024),bertempat di Halaman Kantor Bupati Jalan Djamin Ginting Kabanjahe Pemkab Karo bersama Forkopimda dan pelajar melaksanakan upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2024

Hardiknas tak lepas dari sosok Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau dikenal sebagai Ki Hajar Dewantara, beliau pernah sebutkan :
“Ing ngarsa sung tulada, Ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani “Di depan, seorang pendidik harus memberi teladan yang baik, di tengah atau di antara murid guru harus menciptakan prakarsa dan ide, dari belakang seorang guru harus memberikan dorongan dan arahan dan Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah.

Ilmu Pendidikan layak disebut sebagai Ilham untuk belajar dan memahami serta mengetahui ibarat cahaya menyinari jalan yang gelap yang akan menghantarkan menuju tujuan yang indah, oleh karena itu, Pemerintah punya peran penting melakukan penyelenggaran Pendidikan dengan sebaik mungkin, sebab merupakan suatu keberhasilan bagi sebuah negara dari generasi ke generasi selanjutnya .

Hal ini disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Makarim melalui Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang. membacakan sambutan mengatakan bahwa, lima tahun terakhir ini adalah waktu yang sangat mengesankan dalam perjalanan Kemenristek, menjadi pemimpin dari gerakan merdeka belajar yang semakin menyadarkan tentang tantangan dan kesempatan untuk memajukan pendidikan Indonesia.

“Bukan hal mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar, bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran, rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan,” dalam sambutan yang dibacakan Bupati karo.

Kita dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni pandemi, dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup kita secara drastis, pada saat yang sama pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan.

“Dengan penuh harapan saya titipkan merdeka belajar pada anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan, Selamat Hari Pendidikan Nasional, mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar,” ungkap bupati karo.

(Ebenezer Tarigan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *