/a>

Rumah Warga Kebumen Terimpa Pohon Akibat Hujan Lebat dan Angin Kencang

  • Bagikan

KEBUMEN//klewangNews.com – Hujan yang disertai Angin kencang mengakibatkan beberapa Rumah warga di wilayah Kabupaten Kebumen tertimpa Pohon dan menjadi rusak. Jumat, (18/11/2022)

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Kebumen, ada sejumlah Rumah warga yang rusak diakibatkan Angin Puting Beliung, tercatat sebanyak 15 Rumah, mengalami kerusakan. Bahkan, sempat terjadi kemacetan lalulintas, serta jaringan Listrik terputus selama 4 jam di ratusan rumah warga.

Tidak hanya itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Juga memaparkan ada sejumlah titik Kemacetan di wilayah Kebumen di antaranya.

“Kemacetan di jalan Nasional Purwokerto – Yogya tepatnya Desa Jatiroto Kecamatan Buayan dan jalan Provinsi petanahan- Guyangan tepatnya di Desa Podourip Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen yang di akibatkan pohon asem dan Trembesi tumbang melintang di tengah jalan sehingga terganggunya arus lalu lintas, “lanjutnya.

Kejadian tersebut berlangsung tidak lama, Tim dari BPBD, DAMKAR, DPUPR, dan BBWS SO serta Relawan mengevakuasi pohon tersebut sekitar 30-40 menit hingga akses jalan normal kembali.

Menurut nya Angin puting beliung dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang. Kejadian berlangsung pada hari Kamis, (17/11), sekitar pukul 13.00 WIB.

Di Lansir dari Akun BPBD Kebumen,dengan adanya kejadian Bencana Angin Puting Beliung Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Kebumen melakukan penilaian dampak di lokasi, yang dibantu oleh perangkat desa Destana setempat melakukan assessment dan Penanganan darurat juga berlangsung untuk penanganan pohon tumbang dan jaringan listrik. oleh tim Gabungan BPBD, DAMKAR, PLN, DPUPR Serta Relawan penggiat kebencanaan

“Untuk saat ini jaringan listrik sudah kembali normal dan akses jalan sudah lancar kembali dan untuk rumah rusak ringan sudah di perbaiki secara mandiri dan gotong –royong warga sekitar, tuturnya

Selanjutnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) menghimbau kepada masyarakat agar waspada dan siaga di karenakan berdasarkan perkiraan Cuaca BMKG Kebumen masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan dan sedang sekira (18-11).

“Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, Kabupaten Kebumen masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada esok hari (18/11). Menyikapi kondisi tersebut, masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan Selalu siap siaga dalam menghadapi potensi bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor maupun angin kencang,
Segera laporkan bilamana terjadi Bencana di sekitar anda melalui dinas terkait.” pungkasnya.

(Jandan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *