/a>

Polda Riau dan Polresta Pekanbaru Sabet Kompolnas Award 2022

  • Bagikan

PEKANBARU,//Klewangnews.com-Polda Riau dan Polresta Pekanbaru kompak dapat peringkat terbaik dari Kompolnas Award Tahun 2022 hari ini. Keduanya dapat penghargaan atas inovasi dan pelayanan kepada masyarakat selama masa pandemi.

Penghargaan diterima langsung di Jakarta oleh Kapolda Riau M Iqbal dan Kapolresta Pekanbaru Kombes Pria Budi. Hadir dalam acara Kompolnas Award Tahun 2022 yakni Ketua Kompolnas Machfud MD yang juga Menko Polhukam, Wakapolri Komjen Gatot Edy.

Ketua Harian Kompolnas, Irjen (Purn) Benny Mamoto mengatakan ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi dalam penghargaan kali ini. Kriteria itu mulai dari inovasi, crime total and crime clearence, restorative justice, pencapaian vaksinasi hingga pemulihan ekonomi masyarakat di masa pandemi.

“Untuk Polda Riau masuk 10 besar. Kalau Polresta Pekanbaru terbaik se Indonesia atas inovasi, pelayanan, restorativ justice, capaian vaksin dan pemulihan ekonomi di masa pandemi,” kata Benny saat dimintai konfirmasi, Kamis (8/12/2022).

Berbagai inovasi yang dilakukan Polda dan Polresta Pekanbaru dinilai patut mendapat apresiasi. Terlebih komisioner Kompolnas sudah turun langsung ke wilayah kesatuan yang masuk 10 besar pelayanan terbaik di Korps Bhayangkara tersebut.

“Semua kami analisisa datanya, dikroscek datanya dan verifikasi ke Polri. Kemudian setelah mengerucut 10 besar baru kita ke daerah melihat langsung, kita lihat inovasi yang dibuat, Bhabinkamtibmas dan untuk Pekanbaru kita lihat sendiri anggota dapat memberdayakan masyarakat pada sektor ekonomi,” kata Benny.

Khusus untuk Polda Riau tim Kompolnas melihat pelayanan dan fasilitas yang ada sangat layak. Termasuk transparansi saat menangani perkara yang masuk ke Polda Riau dan jajarannya.

“Pelayanan publiknya bagus, transparan, ramah, banyak inovasi dilakukan. Bahkan kami juga wawancarai masyarakat terkait pelayanan, semua fakta-fakta ini kami temukan. Ada Bhabinkamtimas juga bisa membantu masyarakat, diakui betul sama masyarakat dan mereka jaga keamanan,” katanya.

“Untuk Polda Riau, itu kita lihat pelayanan, inovasi, transparansi penanganan perkara yang terbuka, ramah, rasa empati petugas juga itu kita lihat bagus. Kadang lemahnya beberapa institusi itu karena komunikasi, kita saja setiap tahun ada 3.000. Setelah kita kelompokan ternyata komunikasinya kurang,” kata Benny.

Rizal Mustari, Staf Khusus kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan RI yang mengaku selalu mengikuti jejak kepemimpinan Kapolda Riau Irjen Iqbal mengatakan sangat wajar jika Polda Riau dibawah kepemimpinannya mendapatkan prestasi Kompolnas Award ini.

“Itu adalah prestasi yang tepat dan sangat layak. Dimata saya Irjen Pol Mohammad Iqbal itu merupakan perwira tinggi (Pati) Polri yang memiliki dedikasi sangat tinggi, profesional dan kreatif sehingga pantas mendapatkan hasil yang baik dan membanggakan pada setiap tugas yang diberikan. Sangat pantas untuk dicontoh,” tegasnya.

Sementara Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal mengaku pelayanan dan komunikasi yang terbuka adalah program prioritasnya saat pertama kali menjabat. Bahkan Iqbal minta seluruh Polres dan jajaran bisa lebih dekat dengan masyarakat.

“Saya selalu sampaikan diawal bahwa kita harus dekat ke masyarakat, harus kita jadi sahabat masyarakat dan juga buka seluas-luasnya komunikasi. Bahkan saya bilang jadi polisi itu kalau dicintai masyarakat dan itu jadi program prioritas kita,” kata mantan Kapolda NTB tersebut.

Khusus untuk penanganan konflik, Kapolda memastikan seluruh kepala daerah terlibat. Iqbal mendorong semua kepala daerah dan stakeholder terkait termasuk kapolres ikut menuntaskan demi keamanan bersama.

“Penyelesaian konflik-konflik itu kita target memang ke Polres. Termasuk mendorong kepala daerah ini bentuk tim penyelesaian konflik karena kalau konflik ada pasti nanti muaranya gangguan keamanan, muaranya ke pemerintah, ekonomi turun dan lainnya,” kata Kapolda.

Iqbal bersyukur kerja kerasnya bersama jajaran menbuahkan hasil.

“Bersyukur..Alhamdulillah.
Ini semua kerja teman teman Pejabat Utama Polda, adik adik Kapolres dan semua anggota dari Polsek, Polres sampai dengan Polda. Award ini menjadi vitamin bagi kami semua Polda Riau agar lebih optimal memelihara kamtibmas,memberikan perlindungan,pengayoman dan pelayanan dengan tulus dan ikhlas kepada masyarakat. Melakukan penegakan hukum profesional dan berkeadilan,” ujar Iqbal.

“Kami ingin sangat mendekat dan selalu ada dihati masyarakat provinsi Riau ini,” tandasnya.

( Red / Darmayani )

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *