/a>
banner 336x280

Pendidikan Zaman Sekarang Vs Pendidikan Zaman dahulu

  • Bagikan

*Pendidikan Zaman Sekarang Vs Pendidikan zaman dahulu*.

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki keindahan alam, suku, budaya, dan kaya akan hasil buminya. Membuat banyak negara yang ingin memanfaatkan hasil buminya. Hingga akhirnya Indonesia dikuasai oleh para penjajah selama ratusan tahun lalu lamanya. Salah satu penyebab utama Indonesia dijajah karena tidak ada rakyat pribumi yang mengerti bahasa asing kala itu, sehingga mereka mudah dipengaruhi. Seiring berjalannya waktu, Ki Hajar Dewantara adalah salah satu penggagas pendidikan pada zaman dulu yang membuat rakyat Indonesia dibekali sedikit demi sedikit ilmu, baik ilmu pengetahuan maupun cara membaca dan menulis dengan benar.

Di Indonesia sendiri, fenomena seputar dunia pendidikan menjadi hal yang sangat eksis dalam beberapa tahun terakhir ini. Beberapa fakta yang ada menunjukan adanya perubahan yang sangat menonjol antara pendidikan yang terjadi pada zaman dahulu atau zaman old, dengan pendidikan yang ada sekarang ini, yaitu zaman now. Dibawah ini terdapat beberapa perbedaan antara pendidikan zaman old dengan pendidikan zaman now .

Oreantasi pembelajaran =>

Pada zaman now, pendidikan lebih berorientasi pada nilai akhir yang diperoleh melalui rangkain ujian dan tugas. Padahal, di era ini generasi milenial sangatlah membutuhkan pembelajaran karakter yang baik agar tidak tergerus dalam derasnya arus globalisasi.

Sedangkan Pada zaman dahulu pendidikan berorientasi pada pembentukan karakter dan akhlak baik pada siswa melalui pembelajaran pembelajaan yang dibiasakan dalam kegiatan sehari-hari, sebagaimana yang dicontohkan oleh guru.

Metode belajar =>

Siswa pada zaman now dituntut lebih aktif dalam proses kegiatan pembelajaran. Kurikulum K 13 memberi ruang gerak yang bebas pada siswa untuk mencari informasi sebanyak mungkin, tanpa terbatasi oleh pengetahuan yang dimiliki oleh seorang guru.

Sedangkan Para guru pada zaman dulu dalam menyampaikan materi dengan cara langsung dijelaskan pada siswa, dan siswa menjadi penyimak apa guru jelaskan. Pembelajaran yang dilakukan pun sebatas apa yang disampaikan oleh guru. Siswa pada zaman dahulu cenderung menurut pada apa yang disampaikan oleh seorang guru.

Jadi itulah beberapa perbedaan dalam dunia pendidikan zaman sekarang dan zaman dulu. Pendidikan merupakan pilar utama bagi kemajuan suatu bangsa. Maka pendidikan tetap harus menjadi prioritas bagi pembangunan, dengan tidak mengenyampingkan sektor lain. Setiap zaman memiliki masalah dan situasi yang berbeda. Namun, memang perlu diingat bahwa pembuatan suatu kurikulum pendidikan harus disesuaikan dengan kebutuhan jaman dan kemampuan SDM. Sehingga pendidikan dapat diterima dengan baik oleh pengaksesnya. Selain itu, pendidikan juga harus merata, siapapun berhak memperoleh pendidikan. Karena memang tujuan negara adalah mencerdaskan kehidupan bangsanya.

Penulis : Muhammad Jailani S.Pd.I, M.Pd,
Dimana Penulis Merupakan Kajur Psikologi Prodi Psikologi Islam Pada STAI Aceh Tamiang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *