/a>

Momen Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Tahun 2024.Pemkab Bengkayang Gelar Upacara.

  • Bagikan

Bengkayang//Klewangnews.com-Bertempat di Halaman Kantor Bupati Jl. Trans Rangkang Kel. Sebalo Kec. Bengkayang Kab. Bengkayang Prov. Kalbar, telah dilaksanakan Upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke-116 Tahun 2024, Senen 20 Mei 2024 Jam 07.30 s.d 08.38 Wib.

Hadir dalam rangka upacara memperingati hari kebangkitan Nasional yang ke-116 diantaranya Bupati Bengkayang diwakili Kepala Kesbangpol Yakobus S.Sos., M.Si.,Asisten I lbu Magdalena, Kajari diwakili Kasi Datum Erik Rusnandar, S.H.,Dandim 1209/Bky Letkol lnf Albertinus Mariano S.E.,Danlanud Harry Hadisoemantri Letkol Pnb Dion Aridito, S.T., M.M.,Kapolres Bengkayang AKBP Teguh Nugroho, S.H.,S.I.K., M.H.,Dankipan C 645/Gty Kapten Inf Irwan.,Danki Zipur 6/SD Lettu Inf Johan.,Seluruh Kapala OPD Kabupaten Bengkayang.

Amanat Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo)Yang Di bacakan oleh Inspektur Upacara “Hari-hari ini kita dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang yakni kemajuan teknologi yang melesat cepat,kita sudah memilih bukan hanya ikut serta tetapi lebih daripada itu menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia hari-hari ini hingga dua dekade ke depan,merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua.

Refleksi atas pilihan tersebut bisa kita rujuk dengan berkunjung kembali kepada gagasan awal menjadikan dan membentuk Indonesia, bagaimana sejarah telah membentuk kebangsaan kita,sejarah diperlukan bukan karena tentang sebagai sumber keteladanan nilai semata-mata, tetapi pada percakapan terus-menerus tentang kemajuan kemanusiaan dan kesejahteraan keteladanan, tidak harus diikatkan pada masa lalu, namun dapat dikaitkan dengan masa depan yaitu pada ide-ide yang membuka ruang dimensi peradaban, lebih dari sahabat yang lalu tepatnya pada 20 Mei 1908 lahir organisasi Budi Utomo yang di masa itu telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia,hari berdirinya Budi Utomo inilah yang telah menjadi simbol dari hari kebangkitan nasional,yang kita rayakan hari ini.

Organisasi Budi Utomo bermula dari seluruh dokter dan calon dokter di Batavia yang berkumpul mendirikan suatu organisasi modern,banyak orang baru harapan pada organisasi ini dan menganggapnya sebagai motor penggerak gerakan kemerdekaan di tanah Hindia Belanda bahkan Van Deventer seorang tokoh politik,etis Belanda menyatakan bahwa sesuatu yang ajaib sedang terjadi yang sedang tidur sudah tebangun.

Apa yang telah dirintis Budi Utomo dilanjutkan oleh banyak organisasi lain yang muncul belakangan naturalisme Jawa khas Budi Utomo, diperluas menjadi nasionalisme yang mencakup keseluruhan orang-orang Hindia Belanda pendidikan yang hanya ditujukan kepada pria hijau diperlukan menjadi pendidikan untuk seluruh rakyat bumi putra, perjuangan memajukan kebudayaan Jawa diperluas menjadi perjuangan politik,mengusir penjajah Belanda perluasan dari cita-cita yang telah ditumbuhkan oleh Budi Utomo,mencapai titik puncaknya pada proklamasi kemerdekaan.

Sebelum Budi Utomo adalah Kartini perempuan dari kota kecil Jepara yang mengawali lahirnya gagasan kemerdekaan pembebasan kesejahteraan keadilan persaudaraan dan kemajuan, melalui tulisan-tulisannya yang tersiar kejuru dunia dialah yang menggodok aspirasi-aspirasi kemajuan di Indonesia untuk pertama kalinya muncul sejak lebih dari sahabat yang lalu.

Dirinci dan diperjuangkan untuk kemudian menjadi milik seluruh bangsa Indonesia modern, peralatan paling mumpuni adalah pendidikan pendidikan adalah wahana untuk membebaskan manusia segala Inggris membebaskan bangsa dari belenggu penjajah, bagi Kartini pendidikan merupakan jalan yang tepat untuk membuat horison dan peradaban baru bagi kaum Bumiputera.

Kartini merupakan pembaharu dalam menggagas semua imajinasi mengenai sebuah tatanan masyarakat yang merdeka,dan sebuah cita-cita ideal baru tentang bangsa yang lebih besar,dibandingkan dengan asal-usul sosialnya sendiri apa yang digagas Kartini telah jauh melampaui kisah hidupnya sendiri,ia telah memberikan inspirasi penting bagi sungguh-sungguh kecil yakni para kaum muda embrio bangsa yang perlahan menjadi menyala berkobar yang kemudian kita kenal sebagai pergerakan kebangkitan nasional.

Alam kemerdekaan hanya bisa dicapai jika manusia setara dan bebas manusia yang bebas dan setara hanya dimungkinkan jika manusia tersebut terpelajar dan berpendidikan dari merekalah semangat Bangsa anda sudah lahir,kebangkitan nasional adalah penanda lahirnya zaman baru pencetus cara berpikir baru,semangat kebangkitan nasional berhembuskan kemerdekaan sebagai Wahana untuk memperjuangkan kelautan dan kemuliaan manusia.

Apa yang digagas Budi Utomo Kartini dan para embrio bangsa kemudian dirumuskan bung Karno sebagai jembatan emas kemerdekaan, dibayangkan Bung Karno sebagai jembatan emas yang akan membawa bangsa Indonesia,menikmati kehidupan sejahtera lahir dan batin di atas tanah sendiri,bukanlah juga menekankan bahwa di ujung jembatan emas akan selalu ada kemungkinan yang dapat membawa Indonesia menuju kebaikan ataupun sebaliknya.

Itu dalam aspek sosial dan lingkungan transformasi dulu digital mampu meningkatkan akses terhadap berbagai teknologi,untuk mitigasi adaptasi perubahan iklim potensi-potensi ini tentu mendukung pencatatan transformasi digital,sekaligus membuka peluang bagi Indonesia untuk keluar dari media income trade pada pemilihan Indonesia harus tumbuh di kisar 6 hingga 7% , untuk dapat mencapai target negara berpenghasilan tinggi.

Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita untuk menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju “Indonesia Emas 2045”.(R/Y)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *