/a>

Kodim 1207 Pontianak Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Ke Pelajar SMA N.3 Pontianak

  • Bagikan

Pontianak //KlewangNews.com – Wawasan kebangsaan, Bela Negara dan Ideologi Pancasila adalah kegiatan Kodim 1207/Pontianak yang merupakan salah satu cara untuk mengajak komponen masyarakat bersama-sama membangun karakter generasi muda bangsa terutama pada pembentukan masyarakat yang berkarakter.

Hal ini disampaikan Kasdim 1207/Pontianak Letkol Arm Moch Rofiq, S.Pd., M.Si, saat menyampaikan materi wawasan kebangsaan kepada para undangan yakni dari Siswa/i dan guru SMK N.3 Pontianak, saat sosialisasi wawasan kebangsaan, Bela Negara dan Ideologi Pancasila yang dilaksanakan di Aula Perpustakaan SMA N.3 Pontianak, Kota Pontianak, Prov. Kalbar. Kamis (24/03/2022)

Tujuan dilaksanakannya kegiatan Wawasan Kebangsaan Bela Negara dan Ideologi Pancasila ini adalah untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mempererat Kebinneka Tunggal Ika-an dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta untuk membentuk Kemanunggalan TNI dan rakyat,” Papar Letkol Arm Moch Rofiq, S.Pd., M.Si.

Kasdim berharap, dengan adanya pembinaan Wawasan Kebangsaan Bela Negara dan Ideologi Pancasila ini dapat menggugah jiwa generasi muda kita untuk mempunyai rasa tanggungjawab kepada Bangsa dan Negara.

Nasib Bangsa dan Negara jadi tanggung jawab bersama, dengan pembinaan ini akan menumbuhkan rasa cinta Bangsa dan Negara serta memperkokoh persatuan dan kesatuan,” Imbuh Kasdim.

Kasdim menambahkan, Wawasan Kebangsaan adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri sendiri dan lingkungannya dalam mencapai tujuan Nasional.

Bela negara adalah salah satu upaya dalam mempertahankan dan membela Negara dalam keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara sesuai dengan tujuan nasional kita,” jelasnya.

Dikatakan kuat pertahanan negaranya apabila bangsa itu bersatu padu untuk mempertahankan dan memperjuangkan serta melindungi hak-hak warga negaranya.

Indonesia akan ditakuti dan disegani oleh negara lain apabila seluruh elemen bangsa bersatu padu dalam pertahanan Negara, ” Ungkapnya.

Dikatakannya, Era Globalisasi sekarang ini menjadi salah satu pemicu menurunnya semangat Jiwa Nasionalisme yang dulu telah di contohkan oleh Para Pahlawan kita.

Sementara itu salah seorang Siswa SMK N.3 Pontianak Griz Aditya merasa senang dapat mengikuti kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan yang dilaksanakan di SMA N.3 Pontianak ini, menurutnya wawasan kebangsaan ini sangat bermanfaat bagi pelajar.

Kegiatan ini sangat bagus karena tidak ada di kurikulum pelajaran sekolah, kita semua dapat pengetahuan yang baru bahwa ternyata kedepan akan mendapatkan tantangan yang berat jika tidak dipersiapkan dari awal dalam membela Negara,” Pungkasnya.(Pendim1207/Pontianak)

*Reni N. – Korwil Kalbar.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *