/a>
banner 336x280

Ki Ageng Pengging Sepuh atau Sri Makurung Handayaningrat sebenarnya adalah sayyid muhammad kabungsuwan, putra bungsu sayyid husein jumadil qubro

  • Bagikan

KlewangNews.com|’ Nama Ki Ageng Pengging Sepuh atau Sri Makurung Handayaningrat sebenarnya adalah sayyid muhammad kabungsuwan, putra bungsu sayyid husein jumadil qubro hasil perkawinanya dengan putri dari kerajaan muar lama malaysia’.

Silsilah tersebut di tulis dan di pasang di depan pintu masuk makam Sri Makurung di kawasan Pengging. Sehingga para peziarah tentunya akan membaca literasi yang di tulis oleh instansi terkait.

Akan tetapi plakat tulisan tersebut tanpa di terangkan sumber literasinya sehingga di khawatirkan akan mengaburkan sejarah kakek Sultan Hadiwijaya tersebut.

Menilik dari beberapa literasi cerita babad, Sri Makurung Handayaningrat meninggal dalam peperangan di kalahkan oleh salah satu wali ( babad joko tingkir). Beliau di katakan jg penganut Siwa Buda seperti halnya putranya, Kebo Kenanga. Pengging juga di kenal sebagai kerajaan tua bahkan sebelum majapahit ada Pengging kerap di katakan sudah ada. ( dari penggalian data sejarah )

Oleh karena belum adanya ke jelasan sumber literasi yg di pasang di depan makam Sri Makurung Handayaningrat, seyogyanya tulisan dalam papan tersebut di ganti dengan literasi yg jelas. ( referensi dr para sejarawan )

Belum lagi selama banyak beredar di internet jejak sejarah raja raja / nama raja raja tanah jawa yg nama nama tersebut identik dengan nama asal negara timur tengah yang seakan akan mengkaburkan sejarah asli nusantara.

Pemasangan plakat dengan literasi sejarah harus mengacu kajian sejarah, sehingga dapat di pertanggung jawabkan . Tak terkecuali jika bersumber dari cerita tutur, pun juga harus di sampaiakn asalnya cerita turun temurun di tengah masyarakat.

Papan yg di pasang oleh Instansi terkait di makam sri makurung handayaningrat merupakan literasi yang akan di baca oleh ribuan pengunjung, jika literasi tersebut tidak valid di khawatirkan sejarah sejarah nusantara akan semakin menyimpang jauh dari aslinya…

*( Dr.BRM.Kusumo Putro SH.MH )

Redaksi

  • Bagikan

Respon (1)

  1. Whaats up aree using WordPress forr yolur siite platform?
    I’m nnew too the blpg worl but I’m trying too gget started and sett
    upp my own. Do you requjire any coiding knowledge tto mwke youir own blog?
    Any help woud bbe really appreciated!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *